Posted by : Muhar Jan 16, 2014

5 Keutamaan Utama Shalawat Atas Rasulullah

5 Keutamaan Utama Shalawat atas Rasulullah


Perbanyaklah bershalawat, Allah berfirman dalam surah al-Ahzab ayat 56:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat atas Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu atas Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”

Tentu saja keutamaan bershalawat tidak terbatas pada yang akan saya tuliskan di bawah ini, tapi ya semoga saja 5 ini cukup untuk membuat kita lebih termotivasi dan semakin rajin untuk bershalawat.

Allahumma Shalli wa sallim wa baarik ala sayyidina Muhammad wa ala aalihi wa sahbihi ajmaiin. 

Berikut 5 keutamaan shalawat atas rasulullah yang paling utama, yaitu;

Keutamaan #1. Rasul juga akan bershalawat atas orang yang bershalawat atasnya

5 Keutamaan Utama Shalawat Atas Rasulullah


Dari Yahya bin Abd Rahman ra. dari kakeknya Muhammad bin Abd Rahman ra. Bahwasanya rasulullah saw. bersabda: “tidak ada seorang pun dari kalian yang membacakan salam atasku apabila aku wafat melainkan Jibril datang padaku dan berkata: Wahai Muhammad, Fulan bin Fulan ini membacakan salam (bershalawat) atasmu. Maka aku pun berkata: wa alaihi as salam wa rahmatullahi wa barakaatuhu (juga membacakan salam atasnya)”. HR. Imam Ahmad, Abu Daud dan Baihaqi. Derajat hadis: Hasan

Bukankah salam/ shalawat merupakan sebuah doa?! Doa manakah yang lebih mustajabah selain doa yang keluar dari mulut seorang yang paling mulia?!

Keutamaan #2Allah penuhi seratus kebutuhan kita di dunia dan akhirat

5 Keutamaan Utama Shalawat Atas Rasulullah


Dari Jabir bin Abdullah, rasulullah saw. bersabda: “Barangsiapa bershalawat atasku dalam sehari seratus kali, niscaya Allah penuhi seratus hajatnya (kebutuhannya), 70 kebutuhan di akhirat dan 30 kebutuhan di dunia.

Keutamaan #3Allah angkat derajat orang bershalawat atas rasul-Nya

5 Keutamaan Utama Shalawat Atas Rasulullah


Dari Said bin Amir al-Anshary. Rasulullah saw. bersabda: “Barangsiapa dari umatku bershalawat atasku satu kali ikhlas dari dalam hatinya, niscaya Allah akan bershalawat atasnya sepuluh shalawat, dan mengangkat baginya sepuluh derajat serta menghapus darinya sepuluh keburukan”. HR. Imam Nasa’I dan Ashbahani, derajat hadis: Shahih

Imam Baijuri dalam kitabnya Tuhfatul Murid ala Jauharat Tauhid berkata: Jumhur ulama menafsirkan shalawat Allah atas hambanya maksudnya adalah Allah melimpahkan rahmat atas hambanya.

Keutamaan #4Shalawat salah satu jalan menuju syurga

5 Keutamaan Utama Shalawat Atas Rasulullah


Dari Abu Ja`far, rasulullah saw. bersabda: “Barangsiapa lupa bershalawat atasku, sungguh ia telah menyalahi jalan menuju syurga”. HR. Ibnu Majah, derajat hadis: Shahih.

Keutamaan #5Keutamaan shalawat dibanding ibadah lainnya

Perhatikan kembali ayat 56 surah al-Ahzab di atas. Dalam ibadah selain shalawat Allah hanya memerintahkan para hamba-Nya saja, adapun bershalawat atas rasul-Nya Allah lah yang lebih dulu bershalawat, kemudian memerintahkan para malaikat-Nya untuk juga bershalawat atas rasul-Nya kemudian baru memerintahkan kita para hamba-Nya untuk juga bershalawat atas baginda rasulullah saw.

Baca juga postingan saya sebelumnya: Wasiat Rasulullah untuk Para Muslimah

Referensi:

Tanbihul Ghafilin karya Imam Abu Al-Laist Nasr bin Muhammad Al-Samarkandi

Tuhfatul Murid ala Jauharat Tauhid karya Imam AL-Baijuri

Mohon komentar dan tambahan sobat, Semoga bermanfaat


Leave a Reply

Gunakan kolom komentar sebaik mungkin, Sobat boleh berkomentar, bertanya, menambahkan, memberi usulan, kritik dan saran, apa saja yang sobat rasa perlu. InsyaAllah akan kita diskusikan bersama. Semoga bermanfaat!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pageviews

- Copyright © DOA DAN ZIKIR - Powered by Blogger -