Posted by : Muhar Rafsanjani Jan 24, 2014

Keutamaan dan Manfaat Shalat Fardhu 5 waktu

Keutamaan dan Alasan kenapa kita harus shalat

Tentu saja keutamaan dan alasan kenapa kita harus shalat tidak terbatas pada apa yang akan saya tuliskan di bawah ini, tapi setidaknya beberapa poin berikut bisa menjadi motivasi bagi kita bersama untuk terus menjadi orang-orang yang mendirikan shalat wajib 5 waktu hingga akhir hayat nanti.

Berikut beberapa keutamaan shalat, manfaat dan alasan mengapa kita harus selalu mendirikannya.

Keutamaan #1. Shalat hukumnya wajib, dan merupakan rukun islam kedua setelah membaca dua kalimah syahadah.

Keutamaan #2. Shalat perkara agama yang paling utama, bukankah rasulullah pernah berkata shalat merupakan tiang agama, bagaimana sebuah bangunan bisa kokoh jika tiangnya melempem apalagi jika tidak berwujud sama sekali.

Keutamaan #3. Shalat inti segala ibadah, bahkan di akhirat kelak shalat lah yang jadi amalan pertama yang ditimbang.

Keutamaan #4. Shalat itu perintah Allah, bukankah dalam alquran berkali-kali datang perintah shalat “aqimisshalaah, dirikanlah shalat”. siapa kita berani menyalahi perintah tuannya.

Keutamaan #5. Shalat adalah wasiat terakhir rasulullah untuk umatnya, sebagaimana kata Ali dan Anas radhiyallahu anhuma: “Adalah wasiat terakhir rasulullah itu as-shalah as-shalah”. Dusta mengaku cinta rasul kalau shalat saja enggan.

Baca juga artikel saya sebelumnya: 5 Keutamaan Shalawat Atas Rasulullah

Keutamaan #6. Shalat adalah ciri utama seorang mukmin, bukankah rasulullah pernah bersabda (saya tulis artinya saja): “yang membedakan seseorang itu muslim atau kafir adalah shalat”.

Keutamaan #7. Shalat sudah diwajibkan bahkan sebelum islam itu datang, bukankah Nabi Ibrahim pernah berdoa sebagaimana yang diceritakan dalam alquran (saya tuliskan artinya saja): “Ya Allah jadikan aku dan keterunanku termasuk orang-orang mendirikan shalat”. So, bohong besar jika ada yang mengaku keterunan nabi namun enggan shalat.

Keutamaan #8. Shalat itu syiar orang islam, oleh karena itu jika ada sebuah daerah muslim enggan menunjukkan shalat sebagai sebuah syiar misalnya masyarakatnya enggan shalat berjamaah maka di situ penguasa muslim saat itu boleh mengambil tindakan tegas.

Keutamaan #9. Iman itu ya shalat, bukankah Allah telah berfirman dalam surah albaqarah ayat 143 yang artinya: “dan Allah sekali-kali tidak akan menyia-nyiakan imanmu sekalian”. Ulama menafsirkan iman di sini artinya shalat. Artinya ketika seseorang enggan shalat imannya itu harus dipertanyakan. Tapi tentu saja ketika kita melihat ada salah satu teman kita tidak shalat, kita tetap tidak boleh menganggapnya kafir apalagi langsung menyebutnya kafir, karena masalah kafir-mengkafirkan itu bukan urusan kita, yang jadi kewajiban kita saat itu hanyalah saling menasehati dengan penuh hikmah.

Baca juga artikel sebelumnya: Hadist Tentang Islam, Iman, Ihsan dan Penjelasannya

Keutamaan #10. Shalat tanda seseorang tidak munafik. Jika seseorang shalat ikhlas lillahi ta`ala, insyaAllah dalam amalan apapun ia akan ikhlas.

Keutamaan #11. Shalat itu langkahnya orang-orang mukmin, dan sebab turunnya rahmat. Allah berfirman dalam alquran surah at-taubah ayat 71 yang artinya: “orang mukmin itu saling menyokong dan menguatkan, saling mengajak pada kebaikan dan mencegah pada kemungkaran, mendirikan shalat, menunaikan zakat, taat pada Allah dan rasul-Nya, merekalah orang-orang yang akan Allah limpahkan rahmat-Nya, sesungguhnya Allah maha perkasa lagi bijaksana”.

Keutamaan #12. Semua makhluk di dunia ini shalat, baik yang di bumi apalagi yang di langit. Tentu saja kita tidak menyadari itu karena shalat mereka berbeda dengan shalat yang kita kerjakan. Allah berfirman (saya tidak tahu surah dan ayat berapa) yang artinya: “tidakkah kalian perhatikan bahwa Allah bertasbih bagi-Nya semua semua yang di langit dan di bumi dan burung-burung (pun demikian) dengan bersaf-saf, semua mereka tahu cara shalat dan bertasbih masing-masing, seseungguhnya Allah maha tahu apa yang mereka kerjakan”.

Keutamaan #13. Shalat sebagai sarana pendekatan kita pada Allah. Mungkin yang doanya masih belum dikabulkan perbanyak shalat lebih dahulu. Bagaimana permintaan seseorang akan dikabulkan jika si peminta dengan yang diminta belum dekat. Dan mungkin karena shalat juga kenapa doa orang saleh itu cepat dikabulkan. Rasulullah pernah bersabda yang artinya: “saat terdekat seorang hamba dengan Rabbnya adalah saat ia sujud, maka perbanyaklah doa saat itu”.

Keutamaan #14. Dan yang terpenting adalah, shalat itu mencegah kita dari berbuat hal-hal keji dan mungkar. Ya, mungkin kita sering bertanya-tanya, kenapa ya saya shalat tapi maksiat -kecil maupun besar- jalan terus. Dalam hal ini tidak sepatutnya kita menyalahkan shalat, karena shalat sebagai pencegah perbuatan keji dan mungkar itu janji Allah dan Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya sendiri. Akan tetapi tanyakan lagi diri kita apa kita benar-benar sudah shalat, tanyakan lagi hati kita masing-masing. Dan yang lebih penting jika kita mengalami hal seperti tadi -shalat iya tapi maksiat juga iya-jangan cepat putus asa, shalat terus sambil kita memperbaiki diri. Bukankah Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha para hamba-Nya.

+++++

Alhamdulillah, untuk sementara ini saja dulu, masih terlalu banyak keutamaan dan alasan kenapa kita harus shalat, belum lagi kita tilik dari sisi manfaat shalat menurut ahli medis, belum lagi rahasia dan hikmah yang mungkin saja jika manusia tahu tidak ada seorang pun di dunia ini rela meninggalkan shalat. Masih ingat sabda rasulullah yang kalau saja manusia tahu kelebihan dan keutamaan bulan ramadhan niscaya semua manasia akan meminta semua bulan dijadikan bulan ramadhan saja. Nah, itu baru bulannya bukan puasanya, bukan shalatnya yang merupakan rukun islam kedua. Wallahu a’lam.

Akhir kalam semoga ini bermanfaat, semoga kita tidak lagi mencari-cari alasan untuk melalaikan shalat apalagi meninggalkannya. Shalat lah tepat pada awal waktu.


Mohon juga komentar dan tambahan dari sobat, nanti insyaAllah akan kita masukkan dalam artikel alasan kenapa harus shalat part 2. Jika ini bermanfaat tolong share atau klik tombol like di sebelah kiri halaman dan sebelah kanan atas. Jazaakumullah :))

Referensi utama: Limaza Nushalli karya As-syaikh Muhammad Ismail Muqaddam


{ 5 comments ... read them below or Comment }

  1. Infornya bagus sekali, sangat bermanfaat... terima kasih

    ReplyDelete
  2. Terimakasih om,, ilmunya bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, dapat menambah pengetahuan tentang agama Islam

    ReplyDelete
  4. pelit banget mas gak bisa di copy, sayang padahal buat syiar -_-

    ReplyDelete
  5. Permisi Numpang Promo
    Refiza Souvenir menyediakan berbagai macam souvenir tasbih dan souvenir Buku Yasin cek katalog kita di www.refiza.com

    ReplyDelete

Gunakan kolom komentar sebaik mungkin, Sobat boleh berkomentar, bertanya, menambahkan, memberi usulan, kritik dan saran, apa saja yang sobat rasa perlu. InsyaAllah akan kita diskusikan bersama. Semoga bermanfaat!

Pageviews

- Copyright © DOA DAN ZIKIR - Powered by Blogger -