Posted by : Muhar Rafsanjani Feb 9, 2014

Kenali 5 Waktu Shalat Alami Tanpa Melihat Jam

TUNTUNAN SHALAT / Kenali 5 Waktu Shalat Alami Berdasarkan Matahari

Shalat 5 waktu punya waktu masing-masing, artinya jika kita shalat diluar waktu yang ditetapkan maka solat menjadi tidak sah.

Dalam surah Annisa ayat 103 Allah berfirman:

إن الصلاة كانت على المؤمنين كتابا موقوتا 
Sesungguhnya salat itu diwajibkan bagi kaum muslimin berdasarkan waktunya yang telah ditentukan

Ya, memang sekarang dunia semakin canggih dan dengan mudah kita tahu kapan waktu shalat tiba, apa itu melalui internet, kalender waktu shalat atau yang paling canggih sekarang applikasi khusus untuk jadwal sholat.

 Tapi ketahuilah, itu bukanlah patokan utama karena itu hanyalah perkiraan manusia yang bisa saja keliru sewaktu-waktu, atau mungkin tidak selamanya kita menggunakan jam atau applikasi semacam itu, atau mungkin kita sedang berada ditempat yang jauh dari keramaian yang mungkin adzan pun tidak terdengar. Oleh karena itu ada baiknya jika kita mengenal waktu-waktu shalat sebagaimana yang telah diajarkan rasul tanpa harus berpatokan lagi pada jam.

Berikut jadwal shalat dalam sebagai apa yang diajarkan islam;

1. Waktu shalat subuh

Waktu shalat subuh dimulai ketika terbit fajar hingga terbitnya matahari.

Rasulullah saw. bersabda:

وقت صلاة الصبح من طلوع الفجر ما لم تطلع الشمس 
Waktu shalat subuh itu mulai dari terbit fajar selama belum terbit matahari.
(HR. Muslim)

2. Waktu shalat zuhur /dhuhur

Waktu shalat zuhur dimulai ketika awal tergelincirnya matahari ke arah barat atau disebut juga dengan waktu zawal, yaitu ketika awal bayangan sebuah benda muncul di sebelah timur. Dan berakhir ketika panjang bayangan persis sama seperti panjang bendanya. Gunakan lidi atau sejenisnya untuk mengukur.

Rasulullah saw. bersabda:

وقت الظهر إذا زالت الشمس وكان ظل الرجل كطوله، ما لم يحضر العصر 
Waktu zuhur itu ketika tergelincir matahari hingga panjang bayangan seseorang seperti panjang dirinya, selama belum datangnya waktu asar. (HR. Muslim)

3. Waktu shalat asar / ashar

Waktu shalat asar dimulai ketika waktu shalat zuhur berakhir hingga terbenamnya matahari. Terbenamnya matahari dapat ditandai dengan munculnya awan mega berwarna merah di ufuk barat, ingat berwarna merah bukan kuning.

Rasulullah saw. bersabda:
ومن أدرك ركعة من العصر قبل أن تغرب الشمس فقد أدرك العصر 
Dan barang siapa mendapati satu rakaat shalat asar sebelum terbenam matahari sungguh ia telah mendapati waktu shalat asar. (HR. Bukhari Muslim)

4. Waktu shalat magrib

Waktu shalat magrib dimulai ketika berakhirnya waktu asar atau terbenamnya matahari hingga awan mega berwarna merah tadi hilang. Shalat magrib adalah shalat yang paling singkat waktunya.

Rasulullah saw. bersabda:

وقت المغرب ما لم يغب الشفق 
Waktu magrib itu selama belum tenggelam syafaq merah. (HR. Muslim)

5. Waktu shalat isya

Waktu shalat isya dimulai ketika tenggelamnya syafaq (mega) merah hingga terbit fajar di waktu subuh. Shalat isya adalah shalat dengan waktu terpanjang.

Akan tetapi, meski waktu shalat itu panjang tidak sepatutnya kita menunda-nundanya hingga akhir waktu, karena bisa saja kita lalai atau bahkan lupa nantinya, atau bisa saja kita punya keperluan mendadak. Dalam hal ini rasulullah sangat menganjurkan kita agar menyegerakan shalat sebagaimana hadis sahih riwayat Imam Bukhari ketika rasulullah ditanya tentang amalan apa yang paling baik, kemudian rasulullah menjawab:

الصلاة على وقتها 
Shalat pada waktunya – maksudnya shalat di awal waktu

So, shalatlah di awal waktu berpedoman dengan jadwal shalat alami di atas, lebih baik lagi jika dilakukan secara berjamaah di masjid-masjid terdekat.

Demikian, doakan kita agar selalu dalam bimbingan-Nya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman yang lain via tombol like/ share di bawah, sertakan juga komentar sobat sebagai tambahan, masukan atau apapun itu. Semoga bermanfaat!!!

Disarikan dari kitab Fiqh Manhaji 'ala Mazhab Imam Syafi’i

Leave a Reply

Gunakan kolom komentar sebaik mungkin, Sobat boleh berkomentar, bertanya, menambahkan, memberi usulan, kritik dan saran, apa saja yang sobat rasa perlu. InsyaAllah akan kita diskusikan bersama. Semoga bermanfaat!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pageviews

- Copyright © DOA DAN ZIKIR - Powered by Blogger -