Posted by : Muhar Rafsanjani Jul 27, 2012

Bacaan Doa Iftitah Dalam Shalat dan Artinya

Tuntunan Sholat: Bacaan Doa Iftitah dan Artinya


Doa iftitah termasuk salah satu bacaan doa dalam shalat, dibaca setelah takbir pertama atau takbiratul ihram dan sebelum membaca surat Fatihah, yakni antara keduanya. Hukum membacanya sunnah baik untuk imam, makmum maupun ketika shalat sendirian dan termasuk dalam kategori sunnah hayyiah, apabila ditinggalkan maka tidak perlu sujud sahwi. Dibaca secara sirr artinya cukup dibaca tanpa mengeluarkan suara dan apabila di jahr-kan atau dengan bersuara maka tidak membatalkan shalat.

Ada beberapa doa iftitah yang bersumber dari Rasulullah saw, di antaranya:

اَلله أَكْبَر كَبِيْرًا وَالحَمْدُلِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الله بُكْرَةً وَأَصِيْلاً . وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ المُشْرِكِيْن . إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْن لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ المُسْلِمِيًن.

Bacaan Doa Iftitah Mp3




Artinya:“Allah maha besar lagi sempurna kebesaranya segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak . maha suci Allah sepanjang pagi dan petang , aku hadapkan wajahku kepada zat yang telah menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan berserah diri dan bukanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang musyrik , sesungguhnya shalatku, ibadahku , hidupku dan matiku semata-mata hanya untuk Allah tuhan semesta alam . Tiada sekutu baginya kerana itu aku rela diperintah dan aku ini termasuk dalam golongan orang-orang yang berserah diri”.

Baca juga : 5 Keutamaan Utama Shalawat Atas Rasulullah
Keutamaan Istighfar Sebagai Amalan Pembuka Pintu Rezeki

Atau bisa juga dibaca doa yang juga berasal dari sunnah Rasulullah saw, yaitu:

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ. اللّهَم نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. اللّهُمَّ اغْسِلْنِيْ مِنْ خَطَايَايَ بِاالثَّلْجِ وَالْمَاءِ وَالْبَرْدِ.

Artinya: “Ya Allah jauhkan antara aku dan kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara ufuk timur dan barat. Ya Allah sucikan aku dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana disucikannya pakaian putih dari segala kotoran. Ya Allah bersihkan aku dari kesalahan-kesalahanku dengan salju, air dan embun”.

Beberapa catatan yang perlu diingat,

1.      Dua doa di atas sunat dibaca baik pada shalat fardhu maupun shalat sunnah, dibaca pada rakaat pertama setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca surat al- Fatihah. Jika lupa membacanya atau disengaja ditinggalkan pada rakaat pertama maka tidak disunnahkan lagi untuk membacanya pada rakaat berikutnya. Kalau dibaca juga maka makruh tapi tidak membatalkan shalat.

2.      Atau setelah takbiratul ihram langsung membaca Fatihah tanpa terlebih dulu membaca doa iftitah maka tidak disunnahkan lagi untuk membaca doa ini dan hukumnya sama seperti yang di atas.

3.      Atau jika si makmum datang masbuq dan imam masih dalam keadaan berdiri maka boleh membaca doa iftitah ini terlebih dulu kecuali jika khawatir si makmum akan ketinggalan Fatihah maka wajib makmum langsung membaca surat Fatihah karena membaca Fatihah termasuk rukun shalat sedangkan doa iftitah adalah sunnah.

4.      Adapun jika makmum datang masbuq dan imam sudah tidak lagi dalam keadaan berdiri atau sudah ruku’ atau sujud dan lain sebagainya maka tidak boleh lagi bagi makmum membaca doa ini tapi harus langsung mengikuti imamnya, dan tidak boleh juga mengulang doa ini lagi ketika imam sudah berdiri.

5.      Jika seseorang shalat di akhir waktu yang apabila dibaca doa iftitah ini dikhawatirkan akan keluar waktu shalatnya maka tidak dianjurkan lagi untuk membacanya.

Mohon tambahan sobat dikolom komentar. Semoga bermanfaat, Wallahu a’lam.

Referense: Kitab al-Azkar karya Imam Nawawi, rahimahullah wa iyyana. 

{ 1 comments ... read them below or add one }

  1. syukron katsiron sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Gunakan kolom komentar sebaik mungkin, Sobat boleh berkomentar, bertanya, menambahkan, memberi usulan, kritik dan saran, apa saja yang sobat rasa perlu. InsyaAllah akan kita diskusikan bersama. Semoga bermanfaat!

Pageviews

- Copyright © DOA DAN ZIKIR - Powered by Blogger -